UT Batam Menggelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional

Batam - Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Batam menggelar Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-111 Tahun 2019 di halaman kantor UPBJJ-UT Jl. Dr Sutomo No. 3 Sekupang, Batam, Senin (20/5).

Bertindak selaku Pembina Upacara, Direktur UT Batam, Eliaki Gulo S.E., M.M. serta dihadiri para seluruh Staf dan Mahasiswa UT.

Dalam upacara tersebut, Direktur UT Batam Eliaki Gulo S.E. M.M. membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara. Dalam sambutannya, Menkoinfo mengajak semua pihak untuk kembali mengingat sejarah bangsa melalui naskah Sumpah Palapa yang ditemukan pada Kitab Pararaton, diantaranya tertulis Sira Gajah Madapatih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada:

Di bagian lain, Menkoinfo juga mengutip "Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tañjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa". Menurut Menteri, Sumpah Palapa tersebut merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun  ini mengambil tema “Bangkit Untuk Bersatu". Kita bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia.

Dalam sambutan tersebut, diingatkan bahwa bangsa ini adalah bangsa yang besar, yang telah mampu terus menghidupi semangat persatuannya selama berabad-abad. Kuncinya ada dalam dwilingga salin suara yang dikenal dengan gotong-royong.

Menteri Rudiantara juga merujuk pada sejarah perumusan dasar negara Indonesia dalam pidato Bung Karno di hadapan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Bung Karno, menawarkan Pancasila yang berintikan lima asas.

“Namun Bapak Proklamator Republik Indonesia tersebut juga memberikan pandangan bahwa jika nilai-nilai Pancasila tersebut diperas ke dalam tiga sila, bahkan satu “sila” tunggal, maka yang menjadi intinya inti, core of the core, adalah gotong-royong,” ujar Menteri sebagaimana dibacakan oleh Direktur UT Batam Eliaki Gulo SE. MM.

Muhammad Ilallah mahasiswa Semester Lima Program Studi Ilmu Hukum, yang antusias mengikuti momen Upacara Hari Kebangkitan Nasional mengaku sangat terkesan. "Kesannya sangat bermakna, sejarah mencatat peristiwa momentum hari Kebangkitan Nasional menjadi landasan bagi semangat juang para generasi bangsa, khususnya para akademisi,”  paparnya.

Disela-sela waktu yang spesial itu,Direktur UT Batam Eliaki Gulo menambahkan, "Bahwa kedepannya agar seluruh mahasiswa turut berpartisipasi dalam peringatan hari-hari besar nasional untuk memupuk kesadaran berbangsa dan bertanah air ". ujarnya usai upacara. (reporter: Citra, NIM 031139443).

 

kep

peserta