Kegiatan Seminar Akademik Universitas Terbuka merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Wisuda yang akan dilaksananakan pada tanggal 28 Februari 2023. Kegiatan Seminar Akademik ini dihadiri oleh Lulusan sebanyak 678 orang.

Secara khusus Direktur Universitas Terbuka Batam Bapak Angga Sucitra Hendrayana, S.E., M.Si menyampaikan sambutan ucapan kepada para wisudawan UT Batam tentang pengembangan sumber daya manusia untuk kemajuan nasional khususnya lulusan UT Batam harapannya agar berkiprah  kemasyarakat dengan bekal ilmu yang telah di dapat dari UT

Seminar Akademik yang dilaksanakan hari ini mengangkat tema “Siap Berkiprah Membangun kepri.” dan dihadiri oleh Drs. H. Adi Prihantara, M.M. selaku Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau sekaligus sebagai narasumber. dan H. Sugianto, M.M. selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karimun. Pada kesempatan kali ini, Bapak Drs. Adi Prihantara, M.M. menyampaikan tidak mudah membangun pertumbuhan ekonomi pada awal terbentuknya Provinsi kepulauan Riau. Untuk itu, penduduk Kepulauan Riau harus kreatif dan Inovatif agar dapat menciptakan SDM yang berkualitas, sehat dan berdaya saing dengan berbasiskan iman dan taqwa. Masyarakat terutama Lulusan Universitas Terbuka ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam membangun Kepulauan Riau yang Makmur dengan memiliki taraf hidup yang layak dan sejahtera, Berdaya Saing dengan terwujudnya masyarakat yang sehat, birokrasi pemerintahan dan dunia usaha yang mampu bersaing dan unggul ditingkat regional dan internasional serta Berbudaya dengan terwujudnya pemerintahan, kegiatan pembangunan dan aktivitas masyarakat Kepulauan Riau yang berpegang pada nilai-nilai agama, budaya melayu dan budaya nasional.

Sesuai dengan tema yang diangkat, narasumber yang hadir pada acara Seminar Akademik kali ini adalah Prof. Dr. Hj. Sri Langgeng Ratnasari, S.E., M.M yang memaparkan materi mengenai Kontribusi Lulusan Universitas Terbuka di Provinsi Kepulauan Riau. Universitas Terbuka merupakan salah satu Universitas yang mempunyai Lulusan PNS terbanyak. Lebih dari 20.000 ribu lulusan Universitas Terbuka yang berperan serta dalam pembangunan Kepulauan Riau. Setiap tahun tidak kurang dari 2000 mahasiswa Kepulauan Riau yang studi di Universitas Terbuka memiliki dedikasi yang kuat untuk kemanusiaan dan  kemajuan bangsa, serta toleransi dalam kebhinekaan, memiliki hardskill dan softskill yang kompeten pada bidangnya serta berinovatif, kreatif dan solutif.  Lulusan Universitas Terbuka juga:

  • Berperan serta dalam pembangunan daerah (fisik dan non fisik)
  • Menjadi SDM yang kompeten dan bisa bersaing secara global
  • Membantu terpenuhinya SDM sesuai kebutuhan Sekolah, PT, Pemerintah, Dunia Usaha, dan Industri
  • Membantu meningkatkan jumlah penduduk dengan Pendidikan Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor

Lulusan Unversitas Terbuka juga menjadi kontributor sebagai penambah kualifikasi penduduk berpendidikan tinggi. Selain itu juga membantu meningkatkan perekonomian Provinsi Kepulauan Riau dengan kegiatan dan rutinitas masing-masing. Jangan hanya berharap jadi ASN saja, tetapi lulusan Universitas Terbuka juga harus bisa menjadi pengusaha/wirausaha yang menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Similar Posts