BATAM, Rabu (15/5/2019) – Staf dan mahasiswa Universitas Terbuka (UT) Batam mengikuti pelatihan menulis berita, foto, dan digital marketing melalui media sosial dalam edukasi publik yang disampaikan oleh Raden Yusuf Hidayat, S.Ikom dan Davis Asta Sithoresmy bertempat di kantor UT Batam.

Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari, Rabu (15/5) dan Kamis (16/5). Hari pertama diisi dengan pemaparan teori, dan hari berikutnya praktik.

Direktur UT Batam Eliaki Gulo, SE., MM. mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar para staf dan mahasiswa UT Batam bisa memanfaatkan media sosial dengan maksimal. “Dengan pelatihan ini, diharapkan mahasiswa dan staf bisa mempunyai skill menulis ala jurnalis dan teknik–teknik pengambilan gambar yang berkesan,” ucapnya saat membuka kegiatan ini.

Staf maupun mahasiswa terlihat sangat antusias dan menyimak materi yang diberikan. Yusuf selaku Wakil Pemimpin Redaksi Batam Pos memberikan materi tentang cara penulisan berita ala jurnalis, bagaimana mengambil angle foto yang tepat dan bermakna, sehingga foto yang dihasilkan bisa bermakna seribu kata. Menurut Yusuf, ada empat teknik dasar yang harus dimiliki seorang fotogafer, yaitu mengerti tentang komposisi, ruang tajam, pencahayaan, dan fokus. "Seorang fotografer harus memahami empat teknik itu," ujarnya. 

Salah satu mahasiswa, Muhammad Ilallah, mengajukan pertanyaan tentang bagaimana cara memilih judul yang tepat agar berita yang dibuat menarik untuk dibaca. "Selain judul, bagaimana memilih tema yang menarik? tanya Hilal.
Yusuf menjelaskan bahwa pemilihan judul memang adalah tahapan yang paling sulit karena para jurnalis harus memahami benar apa isi berita yang akan disampaikan. "Kadang seorang editor harus berpikir lama untuk menentukan judul karena judul harus bisa menggambarkan keseluruhan isi berita," paparnya.

Lain halnya dengan materi yang disampaikan oleh Davis selaku reporter Zetizen Batam Pos ini. Perempuan berhijab itu memaparkan materi tentang teknik pembuatan video, yang meliputi pengambilan gambar extreme close up, big close up, close up, medium cLose up, medium shot, full shot, long shoot, zoom, dan masih banyak lagi. 

Hilal yang antusias pun menanyakan seputar cara pembuatan berita media dalam bentuk animasi. "Bagaimana membuat konten digital 3 dimensi dan 2 dimensi?" Dengan lugas dan cepat Davis menerangkan proses editing animasi baik 2D, 3D maupun yang lainnya dengan menggunakan aplikasi dan teknik tertentu. "Untuk membuat animasi 2 dimensi dan 3 dimensi tentu dibutuhkan aplikasi yang berbeda," jelas Davis. 
 
Pelatihan ini diakhiri dengan praktik membuat berita dan membuat konten digital untuk media sosial milik UT Batam. 

Citra, mahasiswi Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Komunikasi semester dua, mengungkapkan bahwa selama mengikuti pelatihan ini banyak mendapatkan ilmu baru, terutama bagaimana cara menyusun kalimat dan memilih kosa kata dalam pembuatan berita. "Saya senang, dan akhirnya mengerti cara membuat berita yang menarik dibaca," ujarnya. (fabri)