Diresmikan Kakanwil DJP Kepulauan Riau

Tax Center UPBJJ UT Batam

Batam - Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka  (UPBJJ-UT) Batam membuka Tax Centre bertempat si Kantor UT Batam Sekupang, (23/5) yang diresmikan oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kepulauan Riau, Slamet Sutantyo. 
Pembukaan Tax Centre ini sebagian realisasi dari Perjanjian Kerjasama antara UT dengan Direktorat Jendral Pajak  Nomor :5007/UN31.WR.4/HK.01.00/2018 tanggal 9 November 2018. Peresmian Tax Center dilaksanakan Ruang Tutorial Lantai 1 dikanjutkan dengan penguntingan pita.
Peresmian Pembukaan Tax Center tersebut dihadiri oleh Ketua Jurusan Ilmu Administrasi Universitas Terbuka Drs. Syarif Fadhilah M.Si mewakili Dekan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Terbuka, Kakanwil Direktorat Jendral Pajak, Slamet Sutantyo dan 
Direktur UT Batam 
Eliaki Gulo SE. MM serta para staf dan Mahasiswa UT.

Dalam Peresmian Pembukaan Tax Center tersebut, Direktur UT Batam Eliaki Gulo SE. MM. 
Memberikan motivasi dan arahannya kepada seluruh mahasiswa, bahwa peran 
mahasiswa sangat penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang wajib pajak, sebagai bentuk kepedulian dalam membangun peradaban bangsa. 
Mahasiswa menurut Direktur UT, merupakan pelopor dalam kemajuan peradaban dunia, maka sudah menjadi tugas & kewajibanya menjaga dan menumbuhkan nilai-nilai luhur dalam mengemban tugasnya sebagai seorang Mahasiswa.

"Adanya kerjasama yang baik ini, memberikan peluang kepada seluruh Mahasiswa untuk berinteraksi kepada masyarakat secara luas", paparnya.

Pada kesempatan yang sama, beberapa hal yang menarik juga disampaikan oleh Ketua Jurusan Ilmu Administrasi UT Drs. Syarif Fadhilah M.Si diantaranya Tax Centre bisa jadi media praktek pembelajaran bagi mahasiswa.
"Bahwa tujuan didirikanya Tax Center di UPBJJ-UT Batam adalah meningkatkan kerjasama antara UT dengan DJP, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan simulasi mengisi form pajak, dan membantu memberikan informasi kepada masyarakat. Tax Centre juga bisa membantu meningkatkan sumber daya pajak, membantu sosialisasi pajak, meningkatkan kesadaran masyarakat peduli pajak, memberikan layanan kepada masyarakat, memberikan pelatihan dan seminar pajak sehingga kedepan  penerimaan pajak semakin pesat", imbuhnya.

Kepala Kanwil DJP,  Selamet Sutantyo dalam sambutannya menegaskan bahwa di dalam suatu negara, akan berkembang pemerintahnya, yakni dengan melakukan tata kelola yang baik, dia mengibaratkan sama halnya dengan mengelola perekonomian dalam berumahtangga. Negara pada umumnya akan melakukan tiga unsur dalam meningkatkan sumber dana keuangan untuk mensejahterakan suatu bangsa, diantaranya 
Dana dihasilkan dari pinjaman dari dalam maupun dari luar negeri. Namun pembiayaan dari pinjaman ini memiliki resiko yakni besaran bunga yang harus dibayar. Sumber lain berasal dari 
Dana yang diperoleh dari penjualan sumber daya alam, namin hal ini juga menimbulkan resiko kerusakan alam bila hal ini terus menerus dilakukan karena bisa merusak ekosistem alam dan lambat laun sumber daya alam  akan menipis dan sirna. Sumber dana yang ketiga menurut Kakanwil, diperoleh melalui pajak. Oleh karena itu perlu  meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak, agar negara bisa meningkatkan kesejahteraan.  "Hal inilah yang minim akan resiko" paparnya. 
Disampaikan juga di depan mahsiswa dan undangan, penerimaan pajak terus meningkat dalam tiap tahun, terakhir yakni 1.783 Triliun pertahun. Untuk Batam saja, penerimaan pajak tahun ini ditargetkan Rp 6 triliun lebih. 
Untuk mencapai target tersebut, dibutuhkan kerjasama yang solid termasuk  mahasiswa dan masyarakat. 
Sebab itulah dibutuhkan strategi khusus dalam mencapai target pajak dimasa yang akan datang.
"Tax Center hadir ditengah-tengah Mahasiswa, sebagai bahan pelatihan pajak, mengadakan seminar perpajakan, serta melakukan penerapan ilmu perpajakan kedalam masyarakat secara luas, karenanya pajak harus ditingkatkan yakni bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan negara". pungkasnya.

reporter: Muhammad Ilallah* (NIM: 030024248)

Direktur Ut batam & kanwil Kepri
Direktur UT Batam dan Kepala Kanwil DJP Kepri
kajur administrasi & kanwil kepri
Kepala Jurusan Administrasi dan Kepala Kandwil DJP Kepri
pemotongan pita
Pemotongan pita