UT Batam melaksakan pelatihan Karier kepada mahasiswa pada hari Sabtu 28 Oktober 2023, di sekolah SMAN 1 Batam pada pukul 09.00 – 15.00 WIB. Pelatihan menghadirkan tamu dari LPPM Universitas Terbuka yakni Dr. Rhini Fatmasari S.Pd M.SC dan Mawardi, kegiatan ini merupakan proses dimana seseorang memilih sasaran karir  dan jalur karirnya atau pola pekerjaan yang berurutan yang membentuk karir. Perencanaan karir sangat penting bagi lulusan atau karyawan yang telah memperoleh pekerjaan. Perencanaan karir membutuhkan persiapan seperti pengalaman dan Pendidikan serta pelatihan tertentu. Disamping itu perencanaan karir juga merupakan program pembinaan tenaga kerja, dengan tujuan untuk memelihara tenaga kerja dengan cara mengembangkannya sesuai kompetensi yang dimiliki. Dan kegiatan ini dibuka oleh direktur UT Batam Yakni Angga Sucitra Hendrayana S.E.,M.Si.

Universitas Terbuka sebagai penyelenggara Pendidikan jarak jauh memiliki mahasiswa dengan latar belakang yang beragam memerlukan satu bentuk kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan perencanaan karir, pengembangan karir dan informasi karir mahasiswa dari penyedia lapangan kerja. UT Karir merupakan program yang dilakukan untuk mendukung Portal Pusat Karier Universitas Terbuka dengan menyediakan beragam layanan tambahan yang secara aktif membantu mahasiswa dalam menemukan atau mengembangkan karir.

     Salah satu program pada UT Karir adalah Pelatihan-pelatihan keterampilan yang dibutuhkan oleh pasar/ mahasiswa. Pelatihan ini dilakukan secara luring dan diselenggarakan pada UT Daerah  tertentu. Pelatihan difokuskan pada kebutuhan mahasiswa pada UT Daerah  tersebut didasarkan need assessment.

Pelatihan jurus jitu meniti karier Mahasiswa UT milenial Pelatihan akan diikuti oleh 50 – 75 orang mahasiswa yang berada di UT Daerah dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Minimal kuliah di UT semester 4 atau semester 5
  2. Diutamakan mahasiswa penerima CSR atau KIP K
  3. Melakukan pendaftaran sebagai mahasiswa UT pada Jalur reguler (bukan        RPL)
  4. Pelaksanakan kegiatan pelatihan diupayakan di Kota UT Daerah
  5. Pelaksanaan didasarkan pada Basis Pokjar, SALUT, atau mandiri

Materi-materi yang akan disampaikan dalam pelatihan keterampilan tertentu ini disesuaikan dengan identifikasi kebutuhan pada setiap UT Daerah yang akan dikunjungi. Materi-materi yang akan diberikan mencakup :

  1. Personal Branding;
  2. Penyusunan CV dan Surat Lamaran Kerja;
  3. Keterampilan Wawancara Kerja, Keterampilan Komunikasi;

Dalam Pelatihan Sesi CV/Karir Pembicara di bawakan oleh Fryadiva Meshia Sihabudin dan Pelatihan Sesi Public Speaking untuk Personal Branding dibawakan oleh Aland Dinda Pradana

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *